Kamis, 21 Oktober 2010

Memperbaiki Fan/kipas ps2 yang tidak berputar

Didalam console playstation2 baik yang ps2 yang berukuran tebal ataupun yang versi slim terdapat sebuah kipas/fan driver.Kipas tersebut akan terus berputar ketika mesin dihidupkan.
Fungsi dari kipas sendiri sudah tau kan,y tidak lain sebagai pendingin.
    Tidak berfungsi/berputarnya kipas akan menyebabkan console mati dikarenakan mesin tersebut panas.Jadi betapa pentingnya peran dari fan driver ini,maka dari itu kita harus segera memperbaiki jika terjadi permasalan terhadap kipas tersebut,bisa juga kotor,seret ataupun tidak teraliri arus.
untuk mengeceknya kita lakukan langkah langkah sebagai berikut:
Pertama anda buka casing dari console anda,lepaskan semua bautnya dan buka casing bagian bawah,akan tampak seperti gambar berikut:

 Buka besi penutup mainboard,lepaskan kabel socket dari kipas tersebut yang menempel kemainboard.Angkat kipas keluar dan bersihkan semua debu yang menempel,coba putar menggunakan tangan dan pastikan putarannya lancar.
Apabila tidak ada masalah dengan kipasnya,kemudian kita periksa dibagian mainboard.Cek jalur yang menghubungkan Fan driver,pastikan fuse ga ada masalah.Output tegangan adalah 12V,untuk mengecek fuse atau titik power bisa dilihat disini.
Jika sudah terdeteksi bagian mana yang rusak baru anda bisa menggantinya

Tutorial terkait



1 komentar:

Unknown mengatakan... Balas

Kipas ps2 slim saya mati apa ad cara memperbaikinya selain beli yg baru mohon solusinya

Posting Komentar

Berilah komentar,saran dan kritik pada blog ini

rnbgame © 2008 Template by:
SkinCorner