Senin, 04 September 2017

PS2 Slim Seri 9 Blank Biru, Ini to penyebabnya..

Dari pemula untuk pemula, kira-kira begitulah isi postingan ini. Mengapa demikian, karena sebenarnya penulis masih dalam tahap belajar juga untuk memperbaiki/ servis playstation, jadi jika ada yang salah mohon dimaklumi.
Berdasarkan pengalaman saya menemukan kasus ps2 slim seri 9 blank biru, tanpa pikir panjang langsung saya bongkar casingnya, lepas baut satu persatu. Saya anggap meskipun sama-sama pemula sudah megerti cara membongkar ps2 slim seri 9 ini. Kemudian sampailah pada motherboardnya, jreng-jReng....meskipun kebingungan dengan jalur-jalurnya lanjut saja.


Penelusuran awal saya targetkan pada fuse-fuse di motherboard tersebut, al hasil saya langsung menemukan kejanggalan, yakni ada fuse yang mati pada PS3. Kalau tidak salah ingat fuse PS3 ps2 slim seri 9 bertuliskan 202, artinya apa?..search aja di google yah, karena disini bukan untuk membahas cara membaca fuse he..he...


Nah dikarenakan fuse PS3 ini mati maka saya berinisiatif untuk menggantinya, saya cari kanibalan yang sesusai. dan ternyata setelah saya ganti fuse tersebut langsung putus lagi. Penyebab fuse putus biasanya ada beban yang berlebih yang disebabkan dari adanya kerusakan komponen yang tehubung dengan fuse tersebut.
Tanpa basi basi langsung saya lanjutkan ke ic regulator yang menghubungkan dari fuse ini, ic ini tepat berada di balik fuse PS3. Pada ic ini disampinya terdapat juga capasitor coklat, gak mau direpotkan dengan pengukuran sana-sini (gak mau atau gak tahu caranya ya...hehe..) langsung saya ganti ic regulator tersebut dan dua buah capasitor didekatnya. Kenapa saya ganti dua-dua nya, sekali lagi karena tidak mau/ tidak tahu cara pengukuran.

 Setelah saya mengganti ic regulator tersebut, saya kembali mengganti fuse PS3 yang putus tadi, dan hasilnya PS2 Slim Seri 9 sudah keluar gambar...hore......

Tutorial terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar,saran dan kritik pada blog ini

rnbgame © 2008 Template by:
SkinCorner