Senin, 04 September 2017

Cara Memperbaiki PS2 Slim Seri 7 Blank Biru

Panduan Cara Memperbaiki PS 2 Slim Seri 7 Blank Biru

Playstation 2 Blank Biru adalah tidak adanya sinyal yang masuk pada Ic Video sehingga tidak mengeluarkan output pada layar televisi. Pada kasus ini sangat banyak penyebabnya, secara umum disebabkan adanya komponen yang tidak bekerja entah itu mati atau rusak, meskipun tombol reset masih menyala normal.

Lantas bagaimana langkah-langkah menelusuri kerusakan pada ps2 slim yang blank biru tersebut, nah pada postingan ini akan di bahas panduan bagi pemula agar bisa memperbaiki sendiri ps2 yang blank biru.

Bagi seorang pemula seperti saya penulusuran awal di targetkan pada ic modbo/ chip yang dipasang, sebelumnya cek terlebih dahulu fuse-fuse apakah ada yang mati, jika normal kita test jalur pada ic modchip.

Ukur tegangan pada titik W di modchip, pada kondisi normal akan muncul 3.5v


Jika pada pengukuran titik W tersebut tidak mengeluarkan tegangan 3.5V, bisa jadi ic modbo rusak atau IC Boot Rom/ Ic Bios. Sekarang untuk mempermudah kita lepas saja ic modchip tersebut, ukur kembali pada jalur titik W (bekas jalur yang terhubung ke titik W modchip).

Jika tetap tidak menemukan tegangan 3-3.5V , kemudian kita ukur tegangan input pada ic BOOTROOM yakni pada pin 23 , jika titik tersebut ada tegangan input lanjutkan ukur pada jalur titik M,N,O,P,Q,R,T,U,V , jika pada titik-titik tersebut tidak ada tegangan maka kemungkinan besar ic BOOTROOM / Ic BIOS rusak, coba ganti dengan yang bagus.


Namun jika pada input ic Bios tidak ada tegangan masuk, penelusuran kita lanjutkan ke regulator C3034, IC ini terdapat 5 kaki yang mendapat suplai tegangan dari C 7238, yang kemudian menghasilkan output 3.5v untuk diteruskan ke ic BOOTROOM. Jika pada input IC Bootroom tidak ada tegangan maka bisa saja ic regulator ini tidak bekerja dengan baik.


Jika pada ic regulator tersebut tidak ada output tegangan (ukur kaki nomor 4), kemungkinan besar ic ini mengalami masalah, solusinya coba ganti yang masih bagus. Namun jika masih ada tegangan output tapi tidak sampai pada ic biso bisa jadi fuse putus (cek fue PS014 yang berada di balik ic ini).
Nah apabila penelusuran diatas sudah dilakukan, namun tidak menuai hasil penelusuran berlanjut pada ic EE, GS dan lain sebagainya.
Semoga di lain waktu bisa melanjutkan artikel ini, terima kasih.

Tutorial terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar,saran dan kritik pada blog ini

rnbgame © 2008 Template by:
SkinCorner